Senin, 02 April 2012

sejarah Akuntansi

SEJARAH PERKEMBANGAN AKUNTANSI

     Berdasarkan catatan sejarah, pencatatan  tertua (berupa pencatatan bayaran gaji) berasal dari Babilonia pada 3600 tahun SM. Penemuan pencatatan lainnya juga diperoleh di Mesir dan Yunani kuno. Pencatatan yang dilakukan belum sistematis dan sering tidak lengkap serta terbatas pada operasi keuangan khusus atau bagian dari transaksi. Akuntansi atau pencatatan suatu usaha lebih lengkap dikembangkan di Italia setelah dikenal angka-angka desimal arab dan makin berkembangnya dunia usaha pada saat itu.
    Perkembangan akuntansi terjadi bersamaan dengan dikembangkannya sistem pembukuan berpasangan (double entry system) oleh pedagang-pedagang di kota Venesia. Venesia merupakan kota dagang yang terkenal di Italia pada masa itu. Orang yang pertama kali memperkenalkan sistem pembukuan berpasangan adalah Luca Pacioli pada tahun 1494. Dia merupakan pemuka agama dan ahli ilmu pasti yang menerbitkan sebuah buku yang berjudul "Summa de Arithmatica, Geometria, Proportioni et Proportionalita". Dalam buku tersebut , terdapat pembagian yang berisi pelajaran pembukuan yang ditunjukan untuk kepentingan pengusaha. Bagian buku yang membahas pembukuan ini terdiri atas 37 bab, dengan judul Tractatus de Computis et Scriptorio. Oleh karena itu, Luca Pacioli dianggap sebagai orang yang pertama memperkenalkan pembukuan berpasangan atau akuntansi. Oleh karena itu, para pengikutnya menamakan dia sebagai "Bapak Akuntansi"
   Suatu kajian sejarah islam menyatakan bahwa akuntansi dalam islam bukan merupakan ilmu baru. Di dalam peradaban Islam sudah dikenal Baitul Maal yang merupakan lembaga keuangan yang berfungsi sebagai bendahara negara yang menjamin kesejahteraan sosial. Masyarakat muslim telah memiliki akuntansi yang disebut Kitabat al Amwal ( Muhammad, 2002:8). Dalam Al Qur'an telah menggariskan adanya konsep akuntansi yang harus diikuti oleh pelaku bisnis dalam jual beli (Muamalah) sebagaimana dinyatakan dalam Surat Al Baqarah ayat 282.
   Selanjutnya , akuntansi berkembang sejalan dengan perkembangan dunia usaha dan peradaban manusia yang menghadapi berbagai informasi keuangan yang makin kompleks, akurat, serta kecepatan dalam pelaporan. Para pengguna membutuhkan guna membantu dalam pengambilan keputusan ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar